OTSUKA Adakan Seminar GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) bagi Kader Posyandu

Sukabumi, 29 Februari 2020 – Sejalan dengan komitmen PT. Amerta Indah Otsuka untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat, tidak hanya dengan memproduksi produk konsumsi sehat, PT. Amerta Indah Otsuka juga membina program Corporate Social Responsibility (CSR) salah satunya di bidang kesehatan yaitu “Program Satu Hati”.

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini, kesehatan untuk ibu dan balita menjadi prioritas yang utama. Ibu hamil harus memeriksakan kesehatannya  mulai dari awal hingga akhir kandungan. Hal ini juga berlaku pada orang tua yang mempunyai anak balita. Memeriksakan kesehatan dan pertumbuhan anak ke sarana kesehatan yang tersedia merupakan kegiatan rutin guna mengetahui perkembangan ibu dan anak.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian PT. Amerta Indah Otsuka terhadap kesehatan ibu dan anak, perusahaan secara bertahap mengelola posyandu dari strata pratama hingga mandiri. Posyandu yang dibina sejak 2012 hingga saat ini sebanyak 5 (Lima) Posyandu yang berada di Lingkungan sekitar Pabrik yaitu Desa Benda dan Desa Kutajaya. Dalam hal melakukan pembinaan Posyandu, PT. Amerta Indah Otsuka tidak hanya memberikan sarana, fasilitas kesehatan atau PMT (Pemberian Makanan Tambahan) setiap bulannya, melainkan memberikan pengetahuan bagi para kader melalui seminar dari dinas atau para ahli terkait, Seminar kesehatan ini merupakan kegiatan rutin diadakan setiap tahunnya. Pada aktivitas Seminar Kesehatan tahunan kali ini dihadiri oleh 90 orang Kader Posyandu, Bidan Desa dan perwakilan staff Puskesmas di Kecamatan Cicurug. “Semoga kedepannya kami PT Amerta Indah Otsuka tetap terus dapat bermanfaat bagi masyarakat” Ujar Miftachul Djauhari selaku Plant Director PT. Amerta Indah Otsuka.

Seminar Kesehatan kali ini mendatangkan pembicara dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, dr. Hj.  Titin Malikatun Andadari, MM. selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat. Materi yang diangkat dalam seminar kali ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kemenkes RI, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat GERMAS yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Terdapat 7 kegiatan GERMAS yaitu, Melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman alkohol, memeriksakan kesehatan secara berkala, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

“Dengan adanya seminar bagi kader Posyandu diharapkan dapat menambah wawasan bagi Kader Posyandu dan dapat meneruskan informasi tersebut bagi masyarakat sekitar”. Tutup Miftachul Djauhari.