MANFAAT MAKANAN LOW GI PADA SAAT BULAN PUASA

Jakarta, 25 Mei 2018 – Bulan puasa adalah bulan yang sangat dinantikan bagi umat Islam di seluruh dunia, karena pada bulan suci ini masyarakat banyak melakukan hal – hal yang baik, baik dalam segi ibadah maupun asupan makanan nya. Kalau dilihat dari sudut pandang kesehatan banyak sekali manfaat apabila kita berpuasa diantaranya adalah : meningkatkan daya serap makanan, menyeimbangkan kadar asam yang terdapat dalam tubuh, meremajakan sel – sel dalam tubuh dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti  kita ketahui bahwa pada saat puasa lebih dari 12 jam tubuh kita tidak menerima asupan makanan apapun, sehingga kadar gula darah dalam tubuh pun menurun, itu sebabnya pada saat kita berbuka kita butuh asupan makanan agar gula darah bisa menjadi normal kembali. Akan tetapi masih banyak masyarakat saat ini belum mengetahui asupan makanan apa saja yang baik pada saat berbuka. Sebaiknya kita memilih minuman yang manis pada saat berbuka agar kadar gula darah dapat meningkat setelah turun secara cepat karena berpuasa, setelah itu baru kita memilih camilan atau snack yang low GI, karena snack yang low GI akan membantu kita untuk tidak kalap pada saat berbuka puasa.

Glikemik Indeks ( GI ) adalah sebuah angka atau rangking pada suatu makanan yang berkabohidrat berdasarkan kenaikan gula darah sesaat setelah kita mengkonsumsi makanan tersebut, angkanya berkisar antara 0 – 100. Semakin rendah angka GI maka semakin lambat pula peningkatan kadar gula darah setelah kita mengkonsumsi nya. selain itu, makanan low GI bisa membuat kita kenyang lebih lama karena dicerna perlahan dalam tubuh.

Glikemik Indeks kita kategorikan menjadi 2 yaitu :

  1. Karbohidrat yang memiliki GI yang tinggi akan di uraikan secara cepat di dalam saluran pencernaan, sehingga menaikan kadar gula darah secara cepat dan tinggi
  2. Kabrohidrat yang memiliki GI yang rendah akan diurai secara lambat karena adanya pelepasan gula kedalam aliran darah secara perlahan.

Penting nya makanan yang mengandung Glikemik Indeks rendah pada saat berbuka mampu membantu mengendalikan nafsu makan yang berlebihan, karena di cerna secara perlahan sehingga membuat kita kenyang lebih lama. Salah satu makanan yang mengandung GI rendah adalah kedelai, sehingga baik di konsumsi sehari hari sebagai kedelai utuh maupun olahanya.. Selain rasa yang enak manfaat kedelai juga sangat banyak.

Menurut Prof. Dr. Made Astawan, seorang ahli kedelai dari IPB, bahwa kandungan yang terdapat dalam kedelai diantaranya adalah : protein, vitamin dan mineral, asam lemak tak jenuh, Isoflavon, prebiotik, dan serat pangan, sehingga kedelai sangat berperan penting dalam pengembangan pangan fungsional. Makanan yang berbasis kedelai mampu membuat rasa kenyang lebih lama sehingga kita dapat mengatur berat badan secara ideal.

SOYJOY adalah salah satu makanan yang berbahan dasar tepung kedelai utuh dan memiliki GI yang rendah sehingga sangat baik untuk membantu menjaga nafsu makan pada saat kita berbuka ” tutup Ricki Suhendar, Corporate Communication Director PT Amerta Indah Otsuka “